Rabu, Februari 04, 2009

Peluang Terjadinya Bonus Demografi di Provinsi Jambi

Berdasarkan hasil proyeksi penduduk Provinsi Jambi (hasil SP 2000; BPS) terdapat kecenderungan penurunan rasio ketergantungan yang disebabkan pertumbuhan penduduk usia kerja lebih pesat dibanding pertumbuhan penduduk usia muda, sebagai akibat penurunan tingkat kelahiran jangka panjang. Rasio ketergantungan ini tidak selamanya akan menunjukkan penurunan. Pada suatu ketika akan meningkat kembali apabila penduduk usia tua meningkat dengan pesat.

Dengan asumsi tingkat kelahiran mencapai 2,08 dan tingkat kematian bayi sebesar 18,8 maka di Provinsi Jambi pada Tahun 2019-2020 akan mencapai jendela kesempatan (the window of opportunity), yaitu titik perubahan dari menurun dan berbalik menjadi meningkat atau merupakan titik terendah rasio katergantungan (Adioetomo, 2005).

Kondisi ini memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan ekonomis apabila ada respon kebijakan pemerintah yang positif pada tahun itu dengan tersedianya tenaga kerja yang cukup besar untuk meningkatkan produktifitas. Keuntungan ini dapat dijelaskan sebagai berikut : penurunan proporsi penduduk muda mengurangi besarnya investasi untuk pemenuhan kebutuhan hidup mereka sehingga sumber daya dapat dialihkan kegunaannya untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Sebagai kesimpulan dari uraian di atas, seyogyanya pemerintah sudah harus memulai memikirkan berbagai upaya untuk mempersiapkan pemanfaatan peluang terbuka itu dengan kebijakan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan perluasan kesempatan kerja, menciptakan iklim investasi yang kondusif dan peningkatan kualitas modal manusia terutama perempuan sebagai salah satu kunci peningkatan kualitas anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar